PERPUSTAKAAN SMAN 2 WONOSARI GUNUNGKIDUL

Thursday 6 December 2018

Mari Berkarya, Taklukkan Dunia: Gebya Literasi Tahun 2018


Dalam rangka untuk meningkatkan kecintaan dan keterampilan literasi siswa, Perpustakaan SMA N 2 Wonosari mengadakan acara ‘Gebyar Literasi’. ‘Gebyar Literasi’ merupakan acara tahunan yang dilaksanakan melalui serangkaian kegiatan yang secara khusus memberikan wadah bagi para siswa untuk mengembangkan bakat dan kreativitas siswa dalam berkarya khususnya di bidang literasi. Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan workshop menulis dan bedah buku yang diadakan pada tanggal 29 September 2018. Narasumber dalam kegiatan workshop ini adalah Bapak Arifin, S.Ag. M.PdI, M.BA, guru yang juga seorang penulis yang telah menerbitkan 4 judul buku. Dlam kegiatan ini juga dilaksanakan diskusi bedah buku antologi puisi dan cerpen karya siswa-siswa SMA N 2 Wonosari.


Selanjutnya sebagai follow up dari kegiatan ini dilaksanakan lomba-lomba yang terkait dengan literasi berupa lomba pojok baca kelas, lomba poster, cipta puisi, cerita sejarah (hikayat), story telling, stand up comedy, resensi buku, dan menulis cerpen yang sebagai puncak acarannya dilaksanakan pada hari Kamis, 6 Desember 2018. Dalam acara puncak ‘Gebyar Literasi’ ini juga diadakan pemberian penghargaan kepada 5 siswa pembuat jurnal literasi terbaik.Selain lomba yang terkait dengan literasi tersebut juga diadakan lomba yel-yel kependudukan sebagai wujud peran SMA N 2 Wonosari sebagai sekolah siaga kependudukan. Dalam rangka mendukung sekolah siaga kependudukan ini juga maka tema dari beberapa lomba adalah seputar maslah kependudukan.

Antusiasme warga sekolah terhadap kegiatan ‘Gebyar Literasi’ ini sangat baik terbukti dengan banyaknya siswa yang mengikuti lomba-lomba dan karya-karya yang ditampilkan juga sangat baik. Harapannya kegiatan ini bisa menjadi wadah para siswa untuk menyalurkan bakat literasi dan lebih memotivasi mereka untuk berkarya dengan lebih produktif.
Share:

0 comments:

Post a Comment